Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

 


Olahraga adalah aktivitas tubuh yang sangat bermanfaat tapi seringkali dilupakan. Selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan mental. 

Jenis olahraga sangat beragam, Anda bisa memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik. Apabila dilakukan dengan rutin, dapat memberikan manfaat yang sangat berguna bagi tubuh.


Manfaat Olahraga bagi Tubuh 

1. Menjaga kesehatan jantung 

Aktivitas fisik secara umum kita ketahui bisa menguatkan otot pada jantung. Otot yg berperan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Olahraga juga bermanfaat untuk membuat detak jantung menjadi lebih stabil, dikarenakan jantung bekerja lebih efisien dalam memompa darah. 


2. Meningkatkan ukuran dan massa otot 

Manfaat olahraga secara teratur selanjutnya yaitu dapat meningkatkan ukuran dan massa 0tot. karena otot paling berperan dalam melakukan aktivitas fisik,jadi otot ikut berkembang seiring rutinnya tubuh berolahraga


3. Menambah kapasitas paru-paru 

Saat melakukan olahraga kebutuhan oksigen akan meningkat. Untuk mencukupi kebutuhan oksigen, paru-paru harus meningkatkan ukurannya. Saat ukurannya bertambah, maka oksigen yang terhirup juga akan meningkat.


4. Meregenerasi tulang 

Manfaat olahraga lainnya yaitu meregenerasi tulang dengan sel baru. Regenerasi bermula dari lapisan tulang bagian luar terlebih dahulu, kemudian bagian dalam. Proses tersebut memang berlangsung perlahan. Dan Jenis olahraga yang memberikan efek besar dalam regenerasi tulang yaitu olahraga yang berfokus melatih kekuatan otot.


5. Menjaga kadar gula dalam darah 

Aktivitas fisik yang teratur bisa mengontrol kadar gula tetap stabil.


6. Menjaga tekanan darah 

Sebagian jenis olahraga bila dilakukan secara rutin, bisa mencegah hipertensi. Olahraga itu antara lain berenang, yoga, bersepeda, joging, dan jalan santai. 


7. Meredakan nyeri punggung 

Beberapa olahraga yg diketahui bisa meredakan nyeri punggung antara lain yoga, renang, bersepeda, dan jalan santai.


8. Menjaga berat badan ideal 

Olahraga rutin dengan diimbangi makanan sehat diyakini dapat menjaga bentuk tubuh tetap ideal.


9.Menjadikan tubuh tetap bugar saat lanjut usia 

Beberapa 0lahraga yang bisa dilakukan saat lanjut usia yaitu jalan santai, dan senam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan Indra Penciuman Yang Hilang Karena COVID-19

Mengenal Penyakit Lupus

Cara Mengeluarkan Dahak Di Tenggorokan Dengan Cepat