Cara Mengatasi Mata Merah

  

Mata merah sering terjadi ketika pembuluh darah pada permukaan mata membesar atau melebar.Kondisi itu biasa terjadi ketika ada benda atau zat asing masuk ke dalam mata.Jika hal tersebut menjadi penyebabnya, maka mata yang memerah biasanya hanya bersifat sementara dan cepat hilang.






Mata Mata merah yang terjadi tanpa diiringi rasa sakit biasanya tidak berbahaya, tapi sebagian orang mungkin akan merasakan sensasi tidak nyaman di organ penglihatan.Obat yang tepat untuk mengatasi mata merah pada seseorang tergantung pada penyebab spesifik. 

Hal dibawah ini diyakini dapat meringankan ketidaknyamanan pada sebagian besar kasus mata merah: 

1. Kompres hangat 

  Cara ini bisa dilakukan dengan Anda merendam handuk di dalam air hangat dan kemudian diperas. Taruh handuk di bagian mata yang mengalami masalah selama 10 menitan. Hawa Panas yang ada pada handuk dipercaya dapat melancarkan aliran darah di daerah mata. Mengompres handuk hangat juga bisa meningkatkan produksi minyak pada kelopak mata yang secara tidak langsung mecegah mata kering. 

2. Kompres dingin 

  Apabila kompres hangat tidak berefek, Anda bisa melakukan hal sebaliknya. Ambi handuk kemudian direndam ke dalam air dingin, kemudian lakukan seperti mengompres dengan air hangat. Kompres air dingin dipercaya juga bisa memberikan bantuan jangka pendek untuk mengatasi mata merah. Saat akan mengompres bagian mata, pastikan Anda mengecek suhu pada handuk yang akan digunakan. Ini bertujuan agar menghindari sengatan suhu ekstrem di daerah sekitar mata. 

3. Gunakan obat tetes mata

  Obat tetas mata dapat digunakan untuk melembabkan mata yang kering dan memerah sekaligus membuatnya tetap bersih. Menggunakan obat tetes mata dalam jangka panjang juga tidak dianjurkan karena memiliki resiko terjadi pembengkakan.

Persoalan mata merah seringkali dapat melakukan perawatan dirumah

Dibawah ini beberapa tipsnya: 

-Secara rutin lakukan kompres dingin atau hangat di bagian mata yang memerah 

-Memilih riasan yang aman untuk mata

-Gunakan air mata buatan yang dapat dibeli di apotik

-Gunakan obat tetes mata jika mata merah disebabkan oleh faktor tertentu, misalnya alergi atau infeksi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan Indra Penciuman Yang Hilang Karena COVID-19

Mengenal Penyakit Lupus

Cara Mengeluarkan Dahak Di Tenggorokan Dengan Cepat