Berbagai Fungsi Protein Yang Penting Bagi Tubuh

 


Ada banyak fungsi protein bagi tubuh, antara lain menjadi sumber energi¸ membentuk berbagai enzim dan h0rmon, hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, pastikan kebutuhan protein harian sudah tercukupi.

Saat mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sistem pencernaan akan memecah protein menjadi asam amin0 yang dibutuhkan hampir di seluruh bagian tubuh.

Asam amino memang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, Tetapiitu tidak mencukupi kebutuhan seluruh tubuh.Karena itu kebutuhan protein harian harus selalu tercukupi 

Berbagai Fungsi Protein

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dan fungsi protein bagi tubuh, yaitu:


1. Sebagai sumber energi

-Pr0tein juga salah satu submer energi yang penting bagi tubuh. Dalam proses pengolahan makanan untuk sumber energi, tubuh akan menggunakan karb0hidrat dan lemak terlebih dahulu. Dan, protein akan disimpan sebagai enrgi cadangan.


2. Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh

-Protein merupakan aktor utama yang berperan besar dalam pertumbuhan tubuh kita. Disamping itu, protein juga bertugas untuk memelihara dan mengganti jaringan di tubuh yang telah rusak.


3. Membentuk Imun tubuh

-Protein juga dapat membantu tubuh membentuk antibodi yang berperan penting untuk melawan radikal bebas, infeksi, bakteri atau virus.


4. Membentuk enzim dan hormon

-Enzim yang terbentuk dari protein bertanggung jawab terhadap banyak sekali reaksi_bi0kimia yang terjadi di dalam tubuh. Begitu juga hormon pada tubuh yang terbentuk dari protein. Hormon bertugas untuk mengirimkan sinyal dan mengatur proses biologis antara sel, jaringan, dan organ.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri Sakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Mengenal Penyakit Kista Bartholin