Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan

 Masyarakat indonesia telah mengenal kayu secang sebagai salah satu herbal tradisional yang sangat bermanfaat. Tanaman yang biasa digunakan sebagai teh herbal atau jamu ini selain dapat menghangatkan tubuh, herbal ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kayu secang (Caesalpinia sappan) sejak dulu digunakan sebagai bahan minuman kesehatan yang dipadu dengan aneka rempah atau dikenal dengan sebutan wedang uwuh. 

Biasanya, minuman herbal ini dinikmati dengan cara diseduh dengan air hangat. Di jaman modern sekarang Kayu secang juga tersedia dalam bentuk ekstrak atau suplemen.





Berbagai Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Banyak kandungan yang terdapat pada kayu secang diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Dibawah ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Mengatasi peradangan pada sendi dan nyeri otot

Pada kayu secang terdapat kandungan senyawa yang dapat meredakan peradangan. Didukung dengan Beberapa riset yang menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang bermanfaat untuk meredakan nyeri, misalnya karena radang sendi dan nyeri otot.

2. Membasmi bakteri

Kemudian kayu secang dapat membasmi dan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya seperti bakteri penyebab infeksi, misalnya bakteri Salmonella, Streptococcus, dan E. coli.

3. Mengobati jerawat

Penyebab timbulnya jerawat adalah infeksi bakteri Propionibacterium acnes dan peradangan di kulit. kandungan senyawa brazilin yang bersifat antibakteri, dapat mengobati jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat.Untuk mendapatkan manfaat kayu secang ini, Anda bisa menggunakan rendaman airnya untuk membasuh wajah yang sedang berjerawat.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Ada juga kandungan senyawa yang bersifat antioksidan dan antikanker pada kayu secang. Hasil dari beberapa penelitian dan riset menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang yang mengandung kedua zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, contohnya kanker payudara.

5. Menghentikan diare

Pada masyarakat tradisional, kayu secang kerap dimanfaatkan sebagai obat diare. Dengan cara dikonsumsi sebagai teh herbal atau jamu untuk mengatasi gangguan pencernaan tersebut.dengan mengonsunsi olahan teh herbal atau jamu, dapat juga mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dehidrasi.

6. Mencegah kerusakan sel

Kandungan antioksidan pada kayu secang tersebut dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat efek radikal bebas. Antioksidan juga bermanfaat dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit tertentu.

7. Menurunkan dan mengontrol gula darah

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi air rebusan kayu secang dengan rutin dan teratur bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah,serta mencegah terjadinya resistensi insulin. 

Kayu secang memang banyak khasiat untuk tanaman herbal, tidak dianjurkan mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan kimia guna mencegah terjadinya efek interaksi obat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri Sakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Mengenal Penyakit Kista Bartholin