Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil


Khasiat paling baik dari buah naga adalah untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Disamping itu, buah naga juga dapat mengatasi berbagai keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil, seperti sembelit dan anemia.

Karena terdapat berbagai nutrisi penting di dalam buah naga, seperti vitamin C, B1, B2, karbohidrat, protein, antioksidan, serat, serta zat besi. Sebab itu,sudah semestinya jika dianjurka untuk ibu hamil mengonsumsi buah ini.

Berbagai Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Berbagai manfaat lain dari buah naga yang penting bagi ibu hamil, antara lain:



1. Melindungi dan menjaga kesehatan janin

Kandungan vitamin C yang cukup banyak sangat dibutuhkan oleh janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan, serta meningkatkan produksi kolagen di dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah.Vitamin ini juga memudahkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Tetapi, harus tetap bijak dalam mengonsumsinya. Kelebihan vitamin C selama hamil bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur.


2. Meningkatkan perkembangan otak janin

Dan terdapat kandungan seperti antioksidan dan tiamin yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin. ditambah lagi, buah naga juga mengandung riboflavin yang berkhasiat untuk membantu tubuh menghasilkan energi, serta mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi.


3. Mengatasi masalah sembelit

Bagi ibu hamil, manfaat yang juga tak kalah penting adalah untuk mencegah terjadinya sembelit dan membantu tubuh mengeluarkan racun selama rutin mengonsumsi pada masa kehamilan. Sebab itu, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 25–30 gram serat per hari.Karena Buah naga juga mengandung 3 gram serat per 100 gram.


4. Mengatasi anemia dan meningkatkan imun tubuh

Buah naga merupakan salah satu buah langka yang didalamnya terkandung sekitar 7 persen kebutuhan zat besi harian yang dibutuhkan perorang. Zat besi ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengatasi anemia.Ibu hamil memerlukan sekitar 27 mg zat besi per hari. Kebutuhan nutrisi ini bisa trcukupi dengan rutin mengonsumsi buah naga. Sebab, kekurangan zat besi selama hamil dapat beresiko bayi terlahir prematur dan berat badan bayi rendah.

Buah naga juga berkhasiat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, mengontrol kadar kolesterol, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selain manfaat yang ada, buah ini juga dapat disajikan menjadi olahan menarik, sesuai selera Anda, misalnya diolah menjadi jus segar, atau dicampur dengan yogurt dan salad buah.

Meskipun terdapat banyak manfaat, namun sampai sekarang belum ada penelitian yang memastikan keamanan buah naga bagi ibu hamil. Sebab itu, Ibu hamil dianjurkan makan dalam jumlah yang cukup. Dan tetap menjalani konsultasi ke dokter terkait dengan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan Indra Penciuman Yang Hilang Karena COVID-19

Mengenal Penyakit Lupus

Cara Mengeluarkan Dahak Di Tenggorokan Dengan Cepat