Manfaat Berjemur Di Pagi Hari


Begitu sering kita mendengar Anjuran untuk berjemur di pagi hari, entah sambil berolahraga atau sekadar duduk di teras rumah, itu bukanlah tanpa alasan. Selain meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh, ada beragam manfaat paparan sinar matahari pagi bagi kesehatan Anda.

Beragam Manfaat Matahari Pagi

Dibawah ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berjemur di pagi hari:


1. Meningkatkan produksi vitamin D

Terpapar sinar matahari pagi secara langsung akan meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Ini diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.Selain itu, vitamin D juga dapat membantu mencegah osteoporosis dan diabetes tipe basah dan kering.

2. Meningkatkan imun tubuh

Sinar matahari bisa mempercepat produksi sistem kekebalan tubuh. Saat terpapar sinar matahari pagi secara langsung, tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berguna sebagai imun tubuh. Sel darah putih mempunyai peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi.

3. Mengatasi insomnia

Rutin terpapar sinar matahari pagi dapat meningkatkan produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin berperan mengatur siklus tidur. Jika kekurangan kadar melatonin di dalam darah, akan mengalami gangguan susah tidur.

4. Mengatasi penyakit kulit

Terpapar sinar matahari pagi hari juga bisa bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit kulit, mulai dari jerawat dan lain sebagainya.Tetapi sebelum itu, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter tentang aturan dan berapa lama waktu berjemur sesuai kondisi kulit Anda.

5. Mencegah stress

Sinar matahari di pagi hari juga mampu menghindarkan Anda dari depresi yang dapat mengakibatkan stress. Kurangnya berjemur di pagi hari dapat menurunkan kadar hormon serotonin di dalam tubuh, sehingga lebih rentan terjadi depresi.

6. Mencegah kanker

Berjemur sinar matahari secara berlebihan memang beresiko memicu kanker kulit. Namun dalam kadar yang tepat, paparan sinar matahari malah dapat mencegah beragam penyakit kanker lainnya, seperti kanker prostat, kanker ovarium, dan kanker getah bening (limfoma Hodgkin).

Agar mendapat manfaat yang maksimal dari paparan sinar matahari seperti di atas. Dianjurkan berjemur sebelum jam 10.00 pagi, untuk menghindari bahaya sinar ultraviolet (UV). Berjemurlah selama 5-15 menit, sebanyak 2-3 kali seminggu.Jangan berlebihan agar tidak terjadi efek samping yang malah merugikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri Sakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Mengenal Penyakit Kista Bartholin