Manfaat Bawang Merah Mentah Bagi Kesehatan


 

Bawang merah adalah salah satu bumbu masakan. Faktanya, bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk tubuh, khususnya kesehatan. Bawang ini juga tersebar hampir di seluruh dunia dengan berbagai varietas.

Dipetik dari buku 'Pola Makan Rasulullah' bawang merah telah digunakan untuk kesehatan sejak lama. Bawang ini dipercaya memiliki kandungan gizi yang dapat menguatkan daya tahan tubuh dan menambah nafsu makan.

Penasaran kan apa saja manfaat bawang merah? Berikut infonya:

1. Mengobati Maag

Dikutip dari buku 'Bawang Merah' karya Estu Rahayu dan Nur Berlian V A bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bawang merah cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Bisa juga, dicampurkan dengan makanan lain untuk menghindari bau yang menyengat.

2. Menurunkan Demam

Fungsi bawang merah untuk bayi juga dapat menurunkan demam. Dengan mencampurkan parutan bawang dengan minyak kelapa dan sedikit asam dan gosokkan ke tubuh secara merata, terutama punggung dan perut agar bisa menghangatkan badan.

3. Melancarkan Pernapasan

Lendir yang ada di tenggorokan dan bisa mengganggu pernapasan bisa di hilangkan dengan bawang merah. Cukup megonsumsi bawang merah mentah atau acar agar tubuh terasa hangat dan melegakan pernapasan.

4. Mengatasi Masuk Angin

Selain itu, bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Caranya potong umbi bawang merah dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Lalu, gosok ke area punggung sampai kulit berwarna kemerahan.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika kadar Kolesterol terlalu tinggi akan menjadi tidak baik bagi tubuh manusia. Namun, jika rutin mengonsumsi bawang merah, kadar kolesterol berlebih bisa berkurang, karena memperlancar peredaran darah dan menghindari penumpukan kolestrol.

6. Mengobati Luka Luar

Bawang merah bisa juga digunakan untuk mengobati luka luar pada tubuh. Caranya cukup iris bawang merah Lalu aduk dengan minyak kelapa dan garam. Kemudian Panaskan semua bahan hingga mendidih.Lalu, biarkan hingga bahan dingin,setelah dingin oleskan pada luka secara rutin.

7. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bawang merah dapatmemproduksi kadar insulin dan membantu penderita diabetes yang menyebabkan turunnya kadar gula darah. Untuk itu, konsumsi bawang merah bisa meningkatkan dan menormalkan gula dalam tubuh.

8. Mata Ikan

khasiat bawang merah mentah untuk di gunakan pada mata ikan bisa dilakukan dengan mengoleskan potongan bawang merah pada area mata ikan. Lakukan rutin dari sore hingga pagi hari, cuci kaki dengan air hangat dan sabun setiap selesai melakukannya.

9. Memaksimalkan Fungsi Otak

Kandungan folat pada bawang merah bisa membantu meningkatkan kesehatan otak. ada juga kandungan lain seperti zat besi dan pyrithione bermanfaat bagi fungsi otak.

10. Mendorong Stamina Pria

Ada juga manfaat bawang merah untuk pria dewasa,yang bisa meningkatkan stamina. Pasalnya, kandungan fitokemikal pada bawang merah ini dapat mendorong vitamin C guna menguatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah penyakit dalam tubuh.

11. Menurunkan Hypertensi Dan Mencegah Kanker

Tekanan darah jika terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit. Dengan adanya zat quercetin yang terkandung dalam bawang merah maka dapat menurunkan tekanan darah dan mebunuh sel kanker jika rutin dikonsumsi.

12. Menguatkan Sistem Kekebalan tubuh

Sistem imun yang ditingkatkan bawang merah,dapat membantu mencegah penyakit seperti Flu,demam dan gangguan pernafasan,cukup dengan menambahkan porsi bawang merah disetiap masakan.

13. Menyuburkan Rambut

Manfaat bawang merah yang lainnya yakni untuk rambut bisa menumbuhkannya agar tebal. Dengan ditambahkan beberapa bahan untuk membuat ramuan penyubur rambut, sediakan 50 gram bawang merah halus dengan 50 cc minyak orang aring, 100 cc minyak kemiri, dan 5 cc minyak melati.

Cara membuatnya, Panaskan bawang merah dengan dicampur dalam 100 cc minyak kemiri hingga matang. Kemudian saring minyak yang sudah matang dan campurkan dengan minyak urang aring dan minyak melati. Cara pakainya dengan mengoleskan di kulit kepala dan rambut setiap menjelang tidur secara rutin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan Indra Penciuman Yang Hilang Karena COVID-19

Mengenal Penyakit Lupus

Cara Mengeluarkan Dahak Di Tenggorokan Dengan Cepat