Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi Dan Jumlah Asupannya

 Memiliki pemahaman tentang Makanan yang mengandung protein tinggi sudah menjadi kewajiban bagi mereka yang melakukan diet atau dalam program pembentukan otot. Selain itu, makanan dengan tinggi protein juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui serta bayi dan balita karena sangat berpengaruh untuk tumbuh kembangnya.



Saat tubuh mencerna kandungan protein dalam makanan, protein ini akan diproses menjadi nutrisi atau yang biasa disebut asam amino. Nutrisi ini sangat berguna dalam membantu proses produksi dan perbaikan sel & jaringan dalam tubuh.




Beragam Jenis Makanan Tinggi Protein

Dibawah ini adalah makanan yang kaya protein, baik protein nabati maupun hewani:

1. Daging sapi non lemak

Bagian tubuh sapi yang tanpa lemak, seperti bagian bagian panggul sapi, biasanya hanya mengandung sedikit lemak, namun memliki kandungan protein paling tinggi.

2. Daging ayam

Daging ayam termasuk salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Selain rasanya yang lezat daging ayam juga menjadi alternatif sumber protein karena harga yang lebih murah dibandingkan membeli daging sapi.Seperti daging sapi, pilihlah daging ayam tanpa lemak dan kulit. Sebab kulit ayam tinggi kandungan kolesterol.

3. Ikan dan Seafood

Sebagian besar jenis ikan, mau ikan air laut atau ikan air tawar, memiliki sangat banyak kandungan protein dan omega-3.Tetapi harus tetap waspada dan selektif dalam memilih hidangan ikan, karena sebagian jenis ikan ada juga yang mengandung merkuri.

4. Telur

Telur merupakan primadona dan menjadi favorit masyarakat kita dalam memenuhi kebutuhan makanan berprotein tinggi. Selain protein, telur juga banyak mengandung vitamin, mineral, dan leamk tak jenuh. Dengan segudang kandungan nutrisinya tersebut, telur sering dikonsumsi untuk mereka yang menjaga berat badan dan membentuk massa otot.

5. Hasil olahan susu

Adapun Susu keju dan yoghurt, merupakan hasil produk olahan susu yang berprotein tinggi sekaligus memeiliki kandungan lain seperti kalsium dan vitamin D. Agar mendapat hasil yang maksimal dalam memenuhi asupan protein untuk Anda yang menjalani program diet, disarankan pilihlah produk olahan susu rendah lemak.

6. Kacang-kacangan

Kacang tanah dan almond adalah makanan yang mengandung protein tinggi dari jenis kacang-kacangan.

7. Brokoli

Diantara jenis sayuran,Brokoli merupakan sayuran yang memiliki kandungan protein nabati lebih tinggi daripada jenis sayuran yang lain.

8. Kedelai

Kedelai adalah bahan makanan yang diketahui sebagai sumber protein utuh, karena mengandung 9 jenis asam amino esensial. Dikalangan masyarakat, sudah sangat akrab dengan sumber protein satu ini, karena hasil olahan kedelai sering menjadi menu sumber protein. Seperti olahan tahu dan tempe, ada juga olahan berupa susu kedelai.

9. Jamur

Selain menbjadi sumber protein dan serat yang rendah kalori, ada juga beragam kandungan senyawa anti oksidan juga mineral yang diperlukan bagi tubuh.

Begitu penting untuk memperhatikan asupan protein yang mencukupi kebutuhan harian kita. Bila Anda dalam program diet, penting untuk memilih makanan yang mengandung protein rendah lemak dan rendah kalori.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan Indra Penciuman Yang Hilang Karena COVID-19

Mengenal Penyakit Lupus

Cara Mengeluarkan Dahak Di Tenggorokan Dengan Cepat