CARA BACA HASIL SWAB ANTIGEN


 



Di laboratorium, sebetulnya tidak perlu bingung mengartikan sendiri hasil tes antigen, karena akan ada hasil tertulis apakah hasilnya positif atau negatif. 

Namun mungkin ada yang ingin tahu, bagaimana sih cara membaca hasilnya? 

Kalau positif Corona, berapa garis yang terlihat? Garis 1 atau 2?

Demikian pula saat melakukan tes antigen sendiri. Meski tidak disarankan oleh para dokter, memningkatnya peserta antrean di laboratorium membuat sebagian orang berinisiatif membeli sendiri alat tes antigen dan melakukan tes sendiri di rumah.

Agar tidak bingung, yuk cari tahu cara bacanya. 

Menurut salah satu harian surat kabar, cara membaca hasil tes antigen dapat berbeda tergantung alat tes yang digunakan. Namun umumnya, hasilnya akan dapat dibaca dari garis yang terlihat.

Sebagian alat tes menunjukan hasil positif jika terlihat dua garis, ditandai dengan garis C (control) dan garis T (test). Beberapa jenis alat tes lainnya mungkin memakai tanda yang berbeda, Namun fungsinya sama.

Hasil positif itu apabiala muncul dua garis,garis itu mewakili simbol C & T.Dan, sebaliknya jika hanya satu garis yang muncul,maka itu negatif

Sebagai catatan, garis di tanda C berfungsi sebagai kontrol yang seharusnya muncul apapun hasilnya, baik positif maupun negatif. Apabila garis pada tanda C tidak muncul, maka artinya hasil tes gagal

mengenai maraknya masyarakat membeli dan menggunakan sendiri alat tes antigen, ahli patologi klinis Universitas Sebelas Maret dr Tonang Dwi Ardyanto, SpPK, PhD, FISQua mengarakan untuk lebih waspada.dan Untuk hasil yang lebih valid dan akurat, ia lebih menyarankan untuk didampingi tenaga kesehatan.

Harusnya, ada standar cara pemakaian dan pelaksanaannya. Jadi tidak asal. 

Balik lagi ke bagaimana tujuan dan komitmen kita. JIka kita benar-benar ingin mengetahui kondisi tubuh kita yg sesungguhnya, tentu harus sangat berhati-hati," terangnya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan Indra Penciuman Yang Hilang Karena COVID-19

Mengenal Penyakit Lupus

Cara Mengeluarkan Dahak Di Tenggorokan Dengan Cepat