Gejala Masuk Angin Mirip Gejala Omicron


 

Berbagai gejala COVID-19 jenis Omicron antara lain 

-batuk kering, 

-hidung meler dan mampet, 

-sakit kepala, 

-tubuh lemas, 

-hingga masalah pencernaan seperti mual dan diare. 

tak hanya sulit dibedakan dengan gejala flu, infeksi varian Omicron juga memiliki gejala yang sama dengan masuk angin. 

Apa sih itu masuk angin sebenarnya?

Menurut Dokter spesialis paru RS Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP(K), masuk angin merupakan salah satu istilah yang dipakai orang Indonesia untuk menggambarkan kondisi lagi nggak enak badan..

Faktanya, sejumlah gejala yang sering dialami masyarakat sebagai penyakit masuk angin ternyata juga dirasakan pada orang yang terinfeksi varian Omicron. Antara lain adalah tubuh lemas dan sakit kepala.

dr Erlina menyatakan, gejala penderita Omicron memang mirip dengan flu biasa. Tambahan darinya, tubuh lemas memang biasa dialami sebagai gejala awal pasien COVID-19 varian Omicron.

Ditambah lagi, satu gejala yang khas pada pasien Omicron dan jarang dialami pasien flu adalah masalah pada tenggorokan. Contohnya tenggorokan nyeri, gatal, dan sakit saat menelan makanan.

"Jika kita bertanya lagi (pada pasien), umumnya di awal gejala yang dirasakan pasien adalah badannya lesu, lemas, lelah, mudah letih. Jika terus dibiarkan saja terutama pada orang-orang yang berisiko fatal seperti lansia atau orang dengan komorbid atau penyakit bawaan tidak terkontrol ini bisa menjadi parah. Kalau parah selalu disertai sesak napas karena terjadi radang di paru-paru," jelas dr Erlina.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri Sakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Mengenal Penyakit Kista Bartholin