BAGAIMANA CARA MENGHEMAT AIR


 Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia atau World Water Day pada tanggal 22 maret. 

Peringatan ini bertujuan sebagai bentuk usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan mengelola air dengan benar.

Di tahun ini, tema yang diangkat yakni "Water for All: Leaving No One Behind". Yang berkosentrasi tentang mengatasi krisis air dengan membahas penyebab mengapa masih banyak orang yang tertinggal.

Air merupakan salah satu barang mewah yang bisa didapat dengan mudah di negara-negara besar, tetapi juga memiliki risiko karena penggunaannya yang boros. 

Bisa dimulai dari dirimu, Dibawah ini Lima tips menghemat air yang dirangkum koran harian:


1. Jangan abaiakn keran yang menetes

Ketika kita menggosok gigi atau mencuci muka terkadang kita membiarkan air keran mengalir. Kebiasaan seperti itu sudah termasuk boros, Karenanya biasakan untuk mematikan keran jika kita tak sedang menggunakan airnya, lalu nyalakan kembali jika kamu membutuhkannya.


2. Masak air secukupnya

Seringkali kita memasak air tanpa memperhitungkan kebutuhan kita, dan saat menyisakan air malah dibuang. Ubah kebiasaan seperti itu mulai sekarang,,isilah panci atau ketel dengan air secukupnya


3. Jangan berlama-lama mandi

Berhenti mandi lama merupakan salah satu cara termudah untuk menghemat air yang bisa kita lakukan. 


4. Tampung air hujan

Kita dapat memanfaatkan musim hujan dengan membuat penampungan air. Penampungan air ini dapat kamu jadikan persediaan untuk keadaan darurat, dan juga buat menyirami kebun karena tanaman juga menyenangi air hujan yang alami. Dan perlu diingat, penampungan air harus dipantau dan ditutup rapat saat musim hujan sebab berisiko menjadi sarang nyamuk


5. Jangan abaikan bocor

Jangan cuek saat kamu mendengar suara tetesan air yang mungkin karenz pipa bocor atau keran yang rusak. Segera tanggap dan perbaiki kebocorannya.Misa belum mampu untuk memperbaikinya, tadah air yang bocor untuk digunakan nantinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan Indra Penciuman Yang Hilang Karena COVID-19

Mengenal Penyakit Lupus

Cara Mengeluarkan Dahak Di Tenggorokan Dengan Cepat